Senin, 10 Desember 2012

Mercusuar Sembilangan

Diposting oleh roro sweets di 23.44

Mercusuar Sembilangan

Mungkin banyak yg belum tau kalau pulau madura bisa jadi tujuan wisata yg menarik. Padahal pulau ini punya banyak situs eksotis yg bagus buat dikunjungi turis lho. Apalagi sejak jembatan suramadu resmi beroperasi, madura sudah nggak jauh lagi dari surabaya. Salah satu situs wisata yg bagus di madura adalah mercusuar sembilangan. Menara mercusuar ini memang dibangun untuk kepentingan navigasi laut. Tapi kalau misalnya pemerintah daerah mau memoles menara ini dikit biar cantik bisa dimanfaatkan untuk mengundang turis berwisata ke madura.
Bangunan menara mercusuar ini tingginya 54 meter, 16 lantai. Umurnya sudah satu abad lebih, dibangun tahun 1879, dan masih beroperasi sampai sekarang. Dinding menara disusun dari plat-plat logam, disambung-sambung ke kerangka menara (dari logam juga) dengan baut-baut. Termasuk lantai-lantai di dalam menara pun dari plat-lantai logam. Ini yg bikin merinding kalau pas ditiup angin banter, plat-plat logam itu semacam bergetar seperti mau merotol semua. Asli bikin badan lemes karena merinding.
Tempat Mercusuar sembilangan ini berada di pucuk barat pulau madura, sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota bangkalan. Kalau dari alun-alun bangkalan, ikuti saja jalan kyai haji kholil, tanya orang jalan ke arah pesarean kyai haji kholil. Nanti jalan semakin mengecil, semakin sepi. Setelah melewati makam kyai haji kholil, ikuti petunjuk jalan ke arah “mercusuar”.
Setelah itu seingat saya nggak ada rambu2 lagi. Tapi nggak usah khawatir, kalo feeling semakin nyasar, jalanan semakin sepi, dan semakin jauh dari peradaban, itu berarti sudah pada jalur yg bener, hehe. Mercusuar akan segera keliatan di depan.ongkos pergi ke mercusuar Nah ini yg nggak jelas, dan bergantung keberuntungan. Pertama kali kesana, dicegat penjaga di gerbang masuk lokasi mercusuar, bayar 3.000 rupiah untuk parkir mobil, tanpa karcis. Kunjungan berikutnya kesana, tidak ada yg jaga, hohoho.
Di pintu masuk di kaki menara, ada penjaga juga. Pas ditanya, “naik ke atas bayar berapa pak?” Jawabnya, “silakan naik mas, bayarnya nanti aja kalo turun.” Pada kunjungan pertama, pas turun orangnya nggak ada, gratis. Pada kunjungan lain, diminta 10.000 untuk 3 orang. Yang menarik saat ad di mercusuar yaitu Kegiatan foto fotoan. Mercusuar sembilangan ini situs wisata alternatif yg nampaknya belum banyak dikenal orang. Kalau kamu punya stok foto panorama di gunung bromo, itu sudah biasa.
Foto-fotoan di pantai kuta bali, juga nggak istimewa lagi. Tapi mercusuar ini sesuatu yg lain. Kalo kamu suka fotografi, boleh mampir kesini.Mercusuar sembilangan lokasinya di pantai barat pulau madura, jadi momen yg bagus buat berkunjung adalah sore menjelang matahari terbenam.Foto-fotoan sekitar maghrib? O, tidak usah kuatir, tidak jauh dari situ ada masjid.
Hal yang menarik lainnya di mercusuar adalah Oleh-oleh khas madura. Di sekitar jembatan suramadu banyak orang buka lapak2 souvenir semacam batik madura, pecut, bahkan clurit. Di dalam kota bangkalan juga ada sejumlah toko oleh2 dg koleksi komplit, mulai batik tulis sampai jamu jamu ramuan madura.Dalam perjalanan antara surabaya – sembilangan, boleh mampir ke beberapa situs kuliner. Kalo kesana agak pagian, bisa ngincipi nasi campur madura di warung amboina, sebelahnya masjid jami’ di alun2 bangkalan. Tapi biasanya siang sudah habis/tutup. Jajanan alternatif kalo kesananya lebih sore, ada macem2 menu seafood di depot ole olang, di jalan raya ketengan (antara bangkalan dan suramadu).                                                                                                                                 
 
 
 
sumber:    http://ryansoniec.blogspot.com/2011/12/tempat-wisata-bangkalan-madura.html                                 

0 komentar:

Posting Komentar

 

UTS KELAS 2 BAHASA Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting